Jumat, 07 Agustus 2009

Tentang Kubuntu

Kubuntu adalah sepenuhnya sistem operasi open source yang dibangun di atas kernel Linux. Komunitas Kubuntu dibangun atas dasar cita-cita yang ada di dalam Filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, dan pengguna harus mempunyai kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka menurut dengan apa yang mereka inginkan. Untuk alasan tersebut:
Kubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya ekstra untuk "edisi enterprise", kami membuat karya terbaik kami tersedia bagi setiap orang dengan persyaratan-persyaratan yang sama.
Kubuntu menyertakan infrastruktur terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas perangkat lunak bebas, hal ini berguna untuk membuat Kubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang.
Kubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis terbaru diluncurkan setiap enam bulan. Anda dapat menggunakan rilis stabil yang ada atau rilis pengembangan saat ini. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan.
Kubuntu berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak open source; kami mendorong masyarakat untuk mengunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu menyebarkannya.
Komunitas Kubuntu meliputi para pengembang, programer, penguji, penulis teknis, penguji dokumentasi, penerjemah, dan tak kalah pentingnya, masyarakat pengguna Kubuntu setiap harinya. Kami mengundang Anda untuk bergabung di komunitas ini dan membantu membuat Kubuntu sebagai sistem operasi untuk Anda, keluarga Anda, teman Anda, dan kolega-kolega Anda yang dengan senanghati menggunakannya. Bantu kami dengan menerjemahkannya kedalam bahasa Anda, coba hardware baru dan takbiasa, tingkatkan pengalaman pengguna lain dengan petunjuk-petunjuk, tip, dan FAQ, atau bantu untuk membentuk arah Kubuntu dengan memberikan umpan balik mengenai perangkat lunak yang Anda sukai.

Tentang Nama
Kubuntu berbasis pada sistem Ubuntu, tetapi dipaketkan dengan versi terakhir KDE. Kubuntu berarti "Untuk Kemanusian" dalam bahasa Bemba. Kubuntu dibaca "koo-boon-too".
Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan dan hubungan masyarakat antara satu dengan lainnya. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan "oo-BOON-too") dapat dilihat sebagai konsep tradisional Afrika, serta dipandang sebagai salah satu asas pendirian republik Afrika Selatan baru dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali masyarakat Afrika.
Terjemahan kasar dari prinsip Ubuntu adalah "kemanusiaan terhadap orang lain". Terjemahan lainnya yaitu: "kepercayaan dalam ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia".

"Orang dengan ubuntu adalah yang terbuka dan bersedia untuk orang lain, mendukung yang lain, tidak merasa terancam karena orang lain lebih trampil dan cakap, karena dia memiliki keyakinan bahwa dia termasuk dari bagian besar dan akan sedih bila orang lain dihina atau akan sedih ketika orang lain tersiksa dan tertekan."

--Uskup besar Desmond Tutu
Sebagai platform berbasis pada Linux, sistem operasi Kubuntu membawa semangat ubuntu ke dunia perangkat lunak.


Sumber: Ubuntu.org

0 Comments:

Post a Comment